Rabu, 05 Januari 2011

DB2


Sejarah
        Edisi DB2 Express-C pertama kali dibuat untuk rilis IBM DB2 versi 8.2. Kemudian disertai pula pada rilis-rilis berikutnya seperti versi 9.1 (Viper), 9.5 (Viper 2), serta 9.7 (Cobra). Implementasi atas fitur XML murni (Inggris: pureXML) diperkenalkan pada versi beta dari DB2 9.x.

DB2 adalah produk Sistem Manajemen Hubungan Database dari IBM atau sekarang yang populer disebut Data Server yang dimana merupakan Perangkat Lunak Manajemen Informasi. Kebanyakan DB2 disebut juga sebagai DB2 Enterprise Server Edition atau top of the line DB2 DAta Warehouse Edition (DB2 DWE) yang berjalan pada Unix, Windows dan Linux Server.
IBM DB2 Express-C merupakan edisi perangkat lunak sistem manajemen basis data keluarga IBM DB2 yang dapat diunduh, digunakan, serta diredistribusikan secara gratis. Versi gratis ini menawarkan baik fitur manajemen basis data relasional serta basisdata berbasis XML
Keterbatasan
        Tidak seperti halnya edisi “express” (gratis) yang ditawarkan oleh kompetitor lain seperti Oracle, ataupun Microsoft, IBM tidak membatasi jumlah serta ukuran data yang disimpan pada basisdata, demikian pula halnya dengan jumlah pengguna yang terkoneksi. IBM juga menyediakan baik versi 32bit maupun 64bit meskipun pada beberapa platform tertentu hanya tersedia versi 64bit saja. Koneksi dapat dilakukan melalui protokol TCP/IP V4 dan V6 atau named pipe.
Keterbatasan yang ada pada versi gratis IBM DB2 Express-C adalah pada penggunaan memori yang dibatasi maksimum hingga 2GB, serta hanya dapat memanfaatkan CPUmaksimum hingga 2 CPU. Namun demikan keterbatasan ini tidak berarti DB2 Express C hanya dapat dijalankan pada mesin-mesin tua, perangkat lunak ini dapat diinstalasi dan dijalankan pada mesin terbaru sekalipun, namun dengan keterbatasan seperti yang disebutkan di atas. Hanya saja umumnya, hal ini tidak menimbulkan masalah yang berarti karena keterbatasan tersebut hanya berlaku di sisi perangkat lunak basisdata, dalam arti ketersediaan sumber daya lainnya yang tersisa dapat dimanfaatkan oleh aplikasi lain, misalnya aplikasi server berbasis java misalnya: Sun Java System Application Server.

        Fitur-fitur yang terdapat pada versi Express-C hampir sama seperti pada edisi edisi DB2 Express (produk berbayar) hanya dengan batasan jumlah CPU serta memori yang lebih kecil. Lisensi yang diimplementasikan pada DB2 membatasi penggunaan perangkat lunak ini pada lingkungan yang membutuhkan ketersediaan tinggi (Inggris: high availability environments). IBM juga tidak menawarkan perbaikan/fixpack atas versi lama dari DB2 Express C untuk diunduh secara gratis, namun perangkat lunak ini dapat terus digunakan ataupun diinstalasi jika pengguna masih memilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar